GUDANG BERITA KAUM MARHAEN

Strategi dan Tips Memulai Bisnis Kaos

Siapa yang cepat menangkap peluang maka dia akan panen rupiah. Tak perlu modal besar, bisnis kecil-kecilan juga sangat berpeluang menjadi besar. Ini teori yang sangat umum dalam dunia bisnis. Meskipun pada prakteknya ditemukan kendala di sana-sini.

Dengan semakin mudahnya akses teknologi informasi, berbagai jenis bisnis juga ternyata ikut menjamur. Jika dulu barang diperjualbelikan di dunia nyata seperti pasar dan mal, kini sudah banyak bergeser ke dunia maya. Tinggal memampang foto beberapa buah, disertai keterangannya, sudah bisa langsung jualan. Penjual dan pembeli tidak lagi perlu bertatap muka, cukup hanya bertemu lewat udara saja. Barang disukai, transfer duit, maka barang akan dikirimkan ke tujuan.

Kabar baiknya lagi, masyarakat sudah semakin percaya meskipun transaksi dilakukan lewat dunia maya. Penipuan di internet dipastikan akan mencoreng nama baik penjual. Sehingga, pemilik lapak di internet akan berlomba-lomba menawarkan kemudahan transaksi yang seratus persen tidak ada unsur penipuan. Harus begitu, jika ingin bertahan lama berjualan di internet.

Salah satu bisnis yang paling banyak digemari saat ini adalah pakaian. Coba cek, ratusan penyedia pakaian bertaburan di internet. Ada yang membuka dagangan di Tokopedia, Buka Lapak, Elevenia, dan lainnya. Juga termasuk penjualan melalui Facebook, Twitter, maupun penjualan dari ponsel ke ponsel. Diskon besar-besaran juga ditawarkan termasuk menawarkan ongkos kirim gratis ke seluruh Indonesia.

Di antara bisnis pakaian, berjualan kaos di internet juga tergolong laku keras. Factory Outlet (FO) yang mayoritas dikuasai Kota Bandung, menjadi gudang pembeliannya. Jika ingin berjualan kaos, pilihlah tema kaos yang spesifik. Misalnya, kaos komunitas alumni, sekolah, ataupun perkumpulan lain yang biasanya mempunyai ikatan emosional yang kuat.

Strategi ini cukup ampuh diterapkan, karena calon pembeli seyogianya tidak lagi terlalu mempertimbangkan faktor harga. Mereka akan terbius oleh suatu ikatan yang tertera di kaos tersebut. Meski begitu, kualitas kaos juga penting diperhatikan. Jangan sampai karena ingin menanggok untung besar, bahan dasar kaos dibuat asal-asalan. Ini juga menjadi faktor utama apakah dagangan Anda akan langgeng atau hanya seumur jagung.

Jika sudah mengantongi target pasar, mulailah menawarkan desain kepada calon pembeli potensial tersebut. Desain sangat penting ditunjukkan terlebih dulu guna menarik minat yang lebih kuat dari calon pembeli. Jika ada masukan, turuti saja dan kembali menawarkan desain terbaru. Bagikanlah hasil desain Anda melalui Facebook atau mengirimkannya secara langsung dalam sebuah grup di Facebook.

Terakhir, adalah menjamin kiriman kaos Anda sampai kepada calon pembeli tepat waktu. Untuk itu, pilihlah kurir pengiriman yang telah berpengalaman. Saat ini, selain Tiki dan JNE, telah banyak juga jasa pengiriman yang layak dipercaya. Tentu saja, harganya juga jauh lebih murah ketimbang Tiki dan JNE. Jasa pengiriman Cahaya Logistik dan Wahana Logistik adalah contoh kurir yang belakangan mulai merebut pasar pengiriman barang.

Selamat mencoba…

Fakta Marhaen Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Strategi dan Tips Memulai Bisnis Kaos"

Post a Comment