GUDANG BERITA KAUM MARHAEN

Selamat Tinggal Terminal Depok, Selamat Datang Terminal Jatijajar

Pembangunan Terminal Jatijajar hampir rampung. Terminal yang berdiri di areal sekitar dua hektar ini terletak di Jalan Raya Bogor, Kilometer 38, di antara Simpangan Depok dan Kostrad Cilodong. Dalam upaya perluasan jalan menuju terminal, bangunan semi permanen di sisi kiri jalan menuju Bogor pun ikut tergusur. Kelak, terminal ini akan menggantikan Terminal Depok, yang sejak tahun lalu digusur pelan-pelan.

Terminal Depok dirasa tidak lagi layak karena letaknya persis di jantung ibukota Depok, Jawa Barat. Idealnya, terminal angkot dan bis kota memang harus berada di pinggiran. Tetapi tenang saja, jarak antara Terminal Depok dengan Terminal Jatijajar tidak terlalu jauh. Hanya dihubungkan Jalan Tole Iskandar, yang bisa dicapai dalam 30 menit perjalanan.

Apalagi, khusus penumpang angkot dari Jakarta yang hendak ke Depok sepertinya tidak akan banyak berpengaruh dengan adanya terminal baru. Sebab, angkot tetap bisa melintasi pusat kota, Jalan Margonda Raya, hingga tujuan akhir Terminal Jatijajar. Hanya saja, untuk bis kota antar provinsi, harus rela menunggu bis di Jatijajar, tidak lagi di Depok.

Seperti biasa, pemindahan terminal kali ini tidaklah mudah. Banyak perlawanan terutama dari PKL yang lapaknya otomatis akan tutup ketika Terminal Depok berubah fungsi. Namun, melawan kebijakan pemerintah sama saja melawan negara. Dan, seperti kata Jokowi, negara tidak boleh kalah dengan PKL. Lagi-lagi, kaum marhaen harus siap menanggung beban.





Fakta Marhaen Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Selamat Tinggal Terminal Depok, Selamat Datang Terminal Jatijajar"

Post a Comment