GUDANG BERITA KAUM MARHAEN

Peluang Bisnis 2016: Menjadi Agen Pengiriman Barang

Cara mudah bisnis ekspedisi, tips dan cara sukses memulai bisnis ekspedisi, merupakan kata kunci paling laris di Google, dalam kategori peluang bisnis 2016. Mengapa? Karena bisnis ini memang tengah bertumbuh subur, seiring kian menjamurnya bisnis start up di Indonesia. Lalu-lintas barang di Tanah Air terus menggeliat yang secara otomatis mendorong terwujudnya perekonomian di sektor riil.

Di 2016 ini, pasar pertumbuhan bisnis online diprediksi mencapai 60 persen dari tahun 2015. Ada triliunan rupiah duit yang berputar di dunia maya. Istilah kerennya, e-commerce. Bahwa perputaran uang akan lebih banyak di sektor yang tidak terlihat secara nyata. Semua dilakukan melalui aplikasi dan bantuan internet. Maka tak heran, hampir seluruh lapisan masyarakat kini telah akrab dengan bisnis online. Di kota maupun di desa, semua sama. Tidak ada lagi jarak dan waktu yang memisahkan penjual dan pembeli.

Dengan semakin terbukanya pasar online, otomatis juga membutuhkan jasa penunjang lainnya terutama jasa pengiriman. Jika dulu Kantor Pos masih memonopoli segala jenis pengiriman barang, ceritanya sudah berbeda saat ini. Itu pun, Kantor Pos terus melakukan inovasi agar tidak tertinggal oleh para pesaing barunya.

Tiki dan JNE yang lebih dulu eksis sebagai jasa pengiriman barang, juga perlahan mendapat persaingan dari perusahaan jasa kurir yang ikut bertumbuh subur. Kue bisnis online memang telah mengubah peta persaingan di antara perusahaan jasa kurir.

Bayangkan, berapa banyak ibu-ibu, ABG, ataupun mahasiswa yang melakukan transaksi penjualan barang lewat online? Nah, barang yang telah dipesan itu tentu saja harus dikirimkan melalui jasa pengiriman barang. Di sinilah, peluang bisnis itu semakin terbuka.

Jika Anda memang punya banyak waktu di rumah, ada baiknya mencoba bisnis ini. Toh, syarat menjadi agen pengiriman barang cukup mudah dipenuhi. Dengan modal Rp 3 juta saja, Anda sudah bisa sebagai agen yang setiap kiriman barang akan mendapat komisi lumayan besar. Saat ini, sejumlah perusahaan jasa pengiriman barang juga ikut berlomba menawarkan keagenan dengan syarat mudah. Contohnya, Cahaya Prestasi Logistik (CPL) atau Wahana Prestasi Logistik (WPL), yang keduanya menerapkan persyaratan longgar.

Akan lebih baik lagi kalau bisnis menjadi agen pengiriman juga ditopang oleh bisnis online milik sendiri. Dengan kata lain, Anda menjual barang sekaligus mengirimkan barang tersebut kepada pembeli. Maka keuntungan yang diperoleh akan berlipat dua, dari barang dan jasa kirim. Enak, bukan?

Begiulah sobat marhaen, peluang bisnis tahun 2016 ini. Ingat, 2016 ini adalah tahun monyet api. Jika tak pandai melihat peluang, Anda akan terbakar…

Fakta Marhaen Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Peluang Bisnis 2016: Menjadi Agen Pengiriman Barang"

Post a Comment