GUDANG BERITA KAUM MARHAEN

Pohon Mangga, Tanaman Favorit Keluarga Kota

Pohon mangga adalah salah satu jenis pohon yang paling banyak disukai masyarakat perkotaan. Selain berharap buah, pemilik juga sekaligus terlindung dari paparan sinar matahari langsung. Itu sebabnya, pohon mangga sering ditanam pada areal pekarangan rumah. Depan rumah, samping, ataupun belakang rumah. Tergantung di mana lahan yang sedang kosong.

Menanam pohon mangga pada prinsipnya sangat mudah. Tidak ada trik khusus atau cara unik yang harus ditempuh. Pohon mangga adalah tumbuhan yang cukup tahan banting terhadap segala cuaca. Meski begitu, untuk memanen buah mangga yang manis, tentu saja dibutuhkan perawatan pohon sejak dari kecil. Pohon mangga sebaiknya diberikan pupuk sekali dalam tiga bulan. Jenis pupuk yang cukup manjur adalah NPK, atau bisa juga UREA untuk melebatkan daun mangga.

Sebisa mungkin, pohon mangga harus juga rajin ditaburi tanah pada pangkal pohonnya. Hal ini sangat penting guna memastikan akarnya tidak timbul ke permukaan dan terkena sinar matahari langsung. Namun, trik ini hanya perlu dilakoni apabila pohon masih berusia muda.

Pohon mangga varietas unggul, apapun jenisnya, sangat mudah dijumpai. Di tukang pohon baik yang menetap di satu tempat ataupun yang berkeliling ke kantong-kantong perumahan penduduk, rata-rata dijual Rp 30-Rp 50 ribu. Tergantung umur dan besar pohon mangganya. Sejak ditanam, rata-rata mangga akan berbuah pada usia 2-3 tahun, dengan ketinggian pohon sekitar 2 meter. Tidak perlu lagi memanjat pohon bila ingin memanennya.


Fakta Marhaen Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pohon Mangga, Tanaman Favorit Keluarga Kota"

Post a Comment