GUDANG BERITA KAUM MARHAEN

Kantong Plastik Bebas Sampah 2020, Punya Ide Kreatif?

Di mal dan supermarket kota besar mulai bersosialisasi tentang kantong plastik yang sebentar lagi akan berbayar. Di pasar tradisional, tempat para kaum marhaen berkumpul, sepertinya lama kelamaan juga pasti berlaku pula. 

Oya, hampir saja lupa menyapa kaum marhaen sekalian. Bagaimana kabarnya hari ini? Sudah terapkan berbagai cara agar cepat kaya? Atau sudah mempelajari tips bagaimana mencari uang lewat internet? Jangan sampai ketinggalan kereta lagi di tahun 2016 ini, banyak peluang yang tercipta berkat kecanggihan teknologi informasi. Contoh simpelnya, bisnis online yang terus menjamur, yang semuanya menjanjikan profit besar.

Kembali ke kantong plastik, yang oleh pemerintah terus mengkampanyekan agar penggunaannya perlahan dikurangi. Kelak, pada tahun 2020 nanti, Indonesia diproyeksikan sudah bebas sampah plastik. Sebagai gantinya, bila hendak berbelanja ke mal atau supermarket, adalah kantong yang berbahan dasar kertas. Semua sudah paham kan, kalau kertas adalah bahan yang dengan cepat bisa menyatu kembali dengan tanah. Tidak seperti kantong plastik, butuh waktu bertahun-tahun sehingga mencemari lingkungan. Kalau memang masih doyan menggunakan kantong plastik saat belanja, boleh juga asal bersedia membayarnya Rp 200 per lembar.

Penggunaan keranjang belanja berbahan kertas, seperti kita saksikan di film-film Barat, memang sudah lama dimulai di luar negeri. Orang Barat sudah lebih dulu menyadari betapa pentingnya mengelola sampah dengan baik guna mencapai keseimbangan alam. Mereka sangat menyadari bahwa kantong plastik suatu saat nanti akan berakibat buruk pada kualitas kesehatan alam.

Ayo kaum marhaen, mari mendukung kebijakan bebas kantong plastik 2020. Siapa tahu juga, dengan adanya pengetatan kantong plastik, bakal menumbuhkan ladang bisnis baru bagi mereka yang berjiwa kreatif. Misalnya, menyediakan kantong belanja dengan bahan kertas yang sebenarnya hanya bermodal lem dan gunting. Peluang itu adalah bisnis terbaru di tahun 2016 dan seterusnya. Pasti ada cara bagaimana membuat kantong belanja berbahan kertas, dengan modal seadanya. Siapa punya ide?

Fakta Marhaen Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kantong Plastik Bebas Sampah 2020, Punya Ide Kreatif?"

Post a Comment