GUDANG BERITA KAUM MARHAEN

Simak, 3 Profesi Favorit di Jakarta


Bicara tentang profesi, erat kaitannya dengan cita-cita. Saya ingin tanya, apa cita-cita Anda ketika kecil? Ayo sebutkan satu-satu, yang dari sekian banyak cita-cita itu, mungkin saja meleset dari profesi sekarang. Dulu ada yang bercita-cita jadi tentara, ternyata setelah dewasa malah menjadi dokter. Waktu kecil ingin jadi dokter, eh malah jadi tukang insinyiur.

Bagaimana sih cara agar kita konsisten dengan cita-cita? Adakah tips yang manjur agar terus melaju di jalur yang sudah diidamkan sejak kecil? Secara teori, hal itu memang memungkinkan dilakukan, walau pada prakteknya teramat susah diwujudkan. Penyebabnya macam-macam, antara lain dipengaruhi orang tua, lingkungan, maupun tingkat ketekunan belajar.

Jakarta, sebagai sentrum harapan dari segala penjuru, adalah tempat dimana profesi paling banyak ditemukan. Coba sebutkan, profesi apa saja yang tidak ada di Jakarta? Petani? Ada juga. Coba saja cek di pinggiran Jakarta, di kampung-kampung Jakarta, yang berbatasan dengan provinsi tetangga, Jawa Barat.  Tetapi tentu saja, profesi petani di Jakarta bukan tergolong profesi yang sangat favorit, terutama mereka kaum muda pencari kerja.

Baiklah, berdasarkan hasil pengamatan, saat ini terdapat paling tidak 3 profesi favorit di Jakarta. Pekerja di bidang ini umumnya berusia produktif, rata-rata lulus kuliah hingga 40 tahunan. Apa motivasinya terjun menggeluti profesi itu? Jawabannya sangat gampang: duit boss… Apa saja itu?

1.     Telemarketing
Profesi ini membutuhkan banyak lowongan dengan jurusan apa saja. Pekerjaannya adalah menelepon calon klien untuk dibujuk sebagai konsumen satu perusahaan. Misalnya, menawarkan asuransi jiwa, pendidikan, dan kesehatan.

2.     Supir Gojek
Menjadi supir Gojek ataupun layanan sejenisnya seperti Grab Bike, Top Jek, dan Blue Jek merupakan profesi yang juga banyak diincar. Pertimbangannya karena relatif membutuhkan pengetahuan menghafal lokasi-lokasi di sudut Jakarta. Peminatnya berasal dari mahasiswa, mantan ojek pangkalan alias opang, ibu rumah tangga, dan karyawan yang baru saja banting setir.

3.     Bisnis Online
Pertumbuhan bisnis online terutama di Jakarta sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Semua orang berlomba mendaulat dirinya sebagai penjual barang di dunia maya. Peluang ini berawal dari makin terbukanya akses teknologi ke semua golongan, dan perlahan akrab dengan transaksi jual-beli tanpa harus bertatap muka. Berbagai cara dilakukan agar barang dagangannya di online dilirik oleh pembeli online juga. Karena sifatnya online, peminat di sektor ini pun juga berasal dari berbagai kalangan, walaupun pada akhirnya cenderung banyak dijadikan sebagai profesi utama.

 

Fakta Marhaen Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Simak, 3 Profesi Favorit di Jakarta"

Post a Comment