GUDANG BERITA KAUM MARHAEN

Buka Lapak Dunia Maya Makin Montok

Selamat pagi sahabat marhaen. Bagaimana, apa sudah sarapan? Atau langsung saja ke makan siang, biar irit sekali makan? Hahahaa…sabar. Kali ini, pelayan fakta marhaen akan mengulas tentang suburnya bisnis online, yang dijalankan lewat bantuan jaringan internet. Umumnya para pemilik lapak dunia maya menggunakan gadget seperti handphone berbasis android. Tapi banyak juga sih yang lebih nyaman kalau menggunakan laptop ataupun PC. Yah, itu semua tergantung selera saja.

Pedagang dunia maya makin manja karena berbagai penyedia jasa atau boleh disebut sebagai pihak ketiga juga ikut tumbuh subur. Jika sebelumnya perdagangan hanya dilakukan lewat facebook, twitter, maupun personal, sekarang beralih ke Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Elevenia, dan banyak lagi. Jadilah pasar dunia maya menjadi riuh, mirip seperti di pasar tradisional dunia nyata. Semua bebas membuka lapak, semua bebas memilih, walau tak ketemu muka.

Kelas menengah adalah pasar yang disasar dunia maya. Sebab syarat utama untuk bisa berinteraksi antara penjual-pembeli adalah akrab dengan teknologi. Tinggal pencet sana pencet sini, kiriman barang pun datang.

Pemain dunia maya pun semakin bertumbuh pesat oleh hadirnya pihak kurir yang sigap mengantarkan barang sudah dibeli. Contohnya, Cahaya Ekspres Logistik, Wahana Ekspres Logistik, JNE, Tiki, dan lainnya. Para penyedia jasa kurir ini tentu saja ikut bersaing dengan mematok harga kirim di level paling murah. Sejauh ini, Cahaya Ekspres dan Wahana Ekspres masih menyediakan paket murah. Untuk Jabodetabek saja, keduanya hanya mematok harga Rp 5000 untuk 1 kilogram paket.

Bagaimana, makin tertarik berbisnis di dunia online?

Fakta Marhaen Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Buka Lapak Dunia Maya Makin Montok"

Post a Comment